Tempat Sarapan di Jogja – Hai semuanya, berikut ini kami sudah buat daftar rekomendasi tempat sarapan pagi yang enak dan murah di kota Jogja dengan harga yang terjangkau. Kalian tahu, Makan pagi atau dikenal dengan istilah “sarapan” termasuk salah satu aktivitas rutin yang penting dilakukan sebab akan memberikan energi awal untuk beraktivitas selama seharian penuh.

Dan juga tentunya untuk kalian seorang traveler, tentunya akan membutuhkan tenaga ekstra dalam menjelajahi berbagai macam destinasi wisata. sebab menjadi kota pelajar dan budaya, ternyata kota Yogyakarta tak hanya menawarkan tempat-tempat menarik dan indah, dan juga punya segudang kuliner enak yang wajib dicoba, termasuk untuk sarapan di pagi hari.

1. Gudeg Pagi Ibu Dewi

jika kalian sedang berlibur ke Yogyakarta tentu tak akan lengkap apabila belum menyantap gudeg bukan? makanan khas Jogja bercita rasa manis ini cocok sekali disantap saat pagi, siang, atau pun malam. tidak sulit untuk kalian agar dapat menemukan gudeg di kota Jogja, pasalnya hampir disetiap sudut kota dan pinggir jalan, kalian semua akan dengan mudah menemukannya.

Buat kalian yang berada di sekitar wilayah kampus UGM atau Jalan Kaliurang, dapat mampir ke warung Gudeg Pagi Bu Dewi. Dengan tempat yang memang tersembunyi masuk gang, akan tetapi dengan bantuan google map mudah ditemukan. Dengan alamat lengkapnya berada di Karang Wuni, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta.

Dengan adanya ciri khas gudeg Bu Dewi ini ada pada siraman sambal kacang dan krecek. dapat dibilang gudeg jogja rasa pecel gitu deh. Paduan Kreceknya sekali gigit langsung keluar air pedas. sungguh unik dan enak, Tidak hanya itu, harganya juga bersahabat dikantong mahasiswa dan anak kos karena hanya dibrandrol dengan harga sekitar Rp.8.500, Dengan  Jam buka mulai Pukul 06.00 – 08.00 WIB.

2. Lontong Sayur Uda Uni

tempat sarapan di jogja

Yang kedua untuk tempat sarapan di jogja ada Lontong sayur, yang mana memang menjadi menu yang pas banget buat sarapan pagi. tentunya jika masih hangat, woww… benar-benar nikmat sekali! so, salah satu lontong sayur paling enak dan murah meriah di kota Jogja adalah Lontong Sayur Sumatera Uda Uni. yang berlokasi di sekitar Stadion Mandala Krida, Semaki, Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Dengan adanya rasa gurih, kaya rempah, dan pedas khas Sumatera akan kalian semua dapatkan saat mencicipi lontong sayur di sini. dan juga setiap hari, warung kaki lima ini ramai diserbu pembeli untuk mengisi perut di pagi hari. terdapat juga menu lain berupa lontong pecel dan soto padang. dengan harga dari seporsi lontong sayur sekitar 10 ribu rupiah. dengan adanya Jam buka mulai pukul 06.00 – 11.00 WIB.

3. Nasi Kebuli Daging Sapi Mas Hamid

Yang berikut ini di tempat sarapan di jogja ada nasi kebuli, jika kalian mencari sarapan enak dan murah di sekitar lokasi kampus UGM dan Jalan Kaliurang? Datang saja ke Nasi Kebuli Daging Sapi Mas Hamid di Gg. Grompol, Pogung Kidul, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. yang tepatnya berlokasi di Jalan Kaliurang KM.5,5 seberang Dunkin Donuts.

walaupun hanya berjualan menggunakan motor di pinggir jalan, akan tetapi rasa nasi kebulinya terasa sangat lezat. satu porsi nasi kebuli lengkap dengan irisan telur, kismis, dan kerupuk dibanderol dengan harga sekitar 10 ribu rupiah. sangat murah sekali bukan? dengan porsi yang juga lumayan banyak bikin kenyang gaes. dan untuk jam buka sekitar pukul Pukul 07.00 – 08.30 WIB.

4. Soto Ayam Pak Dalbe

tempat sarapan di jogja

Yang satu ini ada Soto Ayam Pak Dalbe, yang termasuk salah satu soto paling enak di kota Jogja yang tentunya sangat murah meriah. berlokasi di Jl. Jend. Sudirman, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta. tentunya tidak terlalu jauh dari Tugu Jogja atau pun Gramedia.

dengan adanya ciri khas dari Soto Pak Dalbe yaitu berupa ayam kampungnya dengan tekstur empuk, halus, dan kaya bumbu. menurut beberapa informasi, daging ayamnya di rebus terlebih dahulu lalu diberi bumbu selama semalaman sehingga bumbunya benar-benar meresap kedalam daging ayamnya.

untuk satu porsi Soto Ayam Pak Dalbe berisi nasi, irisan kol, tauge, bihun, lenthok (perkedel ketela), taburan daun seledri, bawang goreng, suwiran daging ayam kampung, dan juga kuah bening kecokelatan. tentunya rasa dari sotonya gurih dan sedikit manis, semakin segar jika ditambahkan perasan buah jeruk nipis.

dan ada juga lauk tambahan, tersedia sate ayam, tempe, sate telor, gorengan, kepala ayam, sayap, dan sate ampela ati. untuk harga dari satu porsi Soto Ayam Pak Dalbe dibanderol sekitar 13 ribu rupiah. bisa dibilang murah bukan? dan juga porsinya lumayan banyak, membuat perut kenyang. dan warung makan ini mempunyai jam buka setiap hari mulai pukul 06.00 – 11.00 WIB, kecuali Sabtu & Minggu tutup.

5. Gudeg Depan Akur Optik / Kampus LPP

tempat sarapan di jogja

Yang satu ini di tempat sarapan di jogja, tentunya untuk kalian cukup mudah rasanya mencari penjual gudeg yang buka di pagi di kota Jogja karena hampir di setiap sudut kota atau pinggir jalan, dapat kalian semua temukan. yang salah satunya merupakan gudeg di depan Akur Optic atau seberang kampus LPP, yang berada di Jl. Urip Sumoharjo No.71 (Jalan Solo), Klitren, Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

mempunyai cita rasa gudeg di sini terbilang enak, gurih, dan tidak terlalu manis sehingga cocok untuk sarapan pagi. kemudian juga selain nasi, tersedia juga bubur dan gorengan sebagai menu tambahan. dan untuk harga per porsinya sekitar 15 ribu rupiah untuk nasi gudeg, krecek, dan telur. dengan jam buka mulai pukul 06.00 – 08.00 WIB. jika kalian ingin  memesan makanan sebaiknya tanya harganya dulu ya gaes!

6. Soto Pites Mbah Galak

tempat sarapan di jogja

untuk kalian tidak perlu bingung mencari sarapan enak dan murah di sekitar jalan Malioboro, datang saja ke Pasar Beringharjo sayap timur. di tempat ini terdapat warung Soto Pites Mbah Galak terkenal akan kelezatannya. kalian semua tinggal memilih sesuai selera, mau soto ayam atau soto daging sapi.

ada juga soto pites karena penyajian soto ini diberi cabai rawit yang dipencet dengan jari sebagai pengganti sambal. dan untuk makna dari sebutan Mbah Galak, konon kabarnya penjualnya bernama Mbah Sutri yang mempunyai kepribadian agak galak jika sedang melayani pembeli.

untuk satu porsi Soto Mbah Galak berisi nasi, tauge, sledri, daging, dan kuah bening gurih beraroma rempah soto. dan juga agar dapat menambahkan kesegaran, tersedia juga jeruk nipis. disediakan lauk pelengkap berupa tempe goreng, kerupuk kulit, peyek kacang, keripik tempe, sate ayam, dan sate telur puyuh.

tidak hanya soto, warung ini juga dikenal punya minuman khas berupa wedang kolang-kaling. Untuk jam buka mulai pukul 07.00 – 14.30 WIB. dengan harga dari satu porsi Soto Pites Mbah Galak sekitar 10 ribu rupiah. tentunya murah meriah bukan? melihat juga tempatnya kecil, kalian harus rela antri dengan pengunjung yang lainnya.