Tempat Sunrise di Jogja – jika kalian berkunjung ke jogja, kalian tentunya wajib sekali mengunjungi tempat berikut ini agar kalian tahu dan agar kalian tidak merasa dirugikan jika tidak datang ke beberapa tempat indah untuk menikmati sunrise yang ada di kota jogja,

disini sudah kami buat beberapa list tempat sunrise di jogja yang wajib sekali untuk kalian kunjungi saat berkunjung ke kota gudeg ini, yuk simak semua informasi dan ulasannya.

1. Jurang Tembelan Jogja

tempat sunrise di jogja

menikmati sunrise indah untuk kalian, dan bagi para wisatawan yang sudah terlalu biasa dengan kegiatan di kota, berwisata alam di kawasan Jurang Tembelan ini dapat menyegarkan dan menyuguhkan pemandangan luas yang sangat menenangkan hati. objek wisata Jurang Tembelan ini juga, para wisatawan akan menyaksikan deretan Pegunungan Sewu dengan aliran air dari Sungai Oyo yang terlihat seperti sedang membelah daratan. Di Jurang Tembelan jogja ini juga mempunyai pemandangan alam yang mempesona yang begitu alami dan tentunya sangat menyegarkan segala pikiran yang datang kesini.

Dengan disediakannya Spot foto berbentuk Perahu Raksasa ini diletakkan menjorok ke arah mulut dari jurang. terdapat juga spot foto yang berbentuk seperti pesawat terbang. mengambil foto di lokasi spot pesawat terbang ini akan menjadikan para wisatawan seolah – olah sedang terbang. Hal ini dikarenakan posisi dari spot foto pesawat ini berada di tepian tebing sehingga apabila difoto dari belakang, para wisatawan seolah – olah terbang dengan menggunakan pesawat. disini disediakan juga spot foto berbentuk seperti sayap kupu – kupu raksasa.

dan juga spot foto ini tergolong baru sebab belum lama dibangun oleh pihak pengelola jurang tembelan ini. Di lokasi dari Jurang Tembelan juga tersedia beberapa tempat selfie yang bisa dimanfaatkan oleh para turis yang datang, sekedar untuk berfoto di tempat tersebut hanya dikenakan biaya sesuka hati kalian. Para wisatawan juga dapat menikmati keindahan dari sunset dan sunrise yang begitu indah pada saat berada di Jurang Tembelan ini. Dan tentunya para turis dapat berkemah di kawasan ini karena pihak pengelola sudah menyediakan area untuk para pengunjung berkemah.

2. Pantai Parangtritis

Pantai yang satu ini sangat terkenal diantara para pelancong, sebab selain mempunyai legenda yang melekat dengan pesona Ratu Kidul sebagai penguasa laut selatan, akan tetapi ternyata keindahannya tidak bisa diragukan lagi sebab pantai ini merupakan pantai paling luas yang ada di kota Yogyakarta yang mana mempunyai luas berkilo-kilo meter persegi, tentunya tidak sama dengan pantai-pantai di kawasan Yogyakarta lainya seperti Pantai di Gunung Kidul yang ukurannya relatif cukup kecil.

pantai parangtritis jogja memang tidak pernah dilupakan oleh para pengunjung yang datang, sebab ukurannya yang cukup luas menjadikan Pantai ini menawarkan aktivitas yang tidak terbatas bagi para pelancong seperti mengelilingi pantai dengan menggunakan motor ATV, Kuda maupun Delman, dan juga berolahraga seperti sepak bola di pasir, bermain di pinggir ombak, bermain layangan, atau hanya duduk-duduk sambil menikmati suasana Pantai Parangtritis jogja yang begitu menawan.

3. Bukit Panguk Kediwung

tempat sunrise di jogja

Panorama Bukit Panguk Jogja di Kediwung saat matahari terbit dan berpadu dengan gumpalan kabut yang seperti awan. Perpaduan sempurna dua fenomena alam itu membuat wisatawan menganggap saat sunrise di Bukit Panguk Kediwung serasa berada di negeri di atas awan.

Selain sunrise dan lautan kabut yang menyerupai negeri di atas awan, pengunjung juga bisa berfoto di beberapa spot yang disediakan oleh pengelola di Bukit Panguk Kediwung. Ada lebih dari lima spot foto yang dapat dipergunakan oleh pengunjung.

Pengelola tempat wisata ini menyediakan beberapa gardu pandang yang terbuat dari kayu dan bambu berbentuk jembatan yang menjorok dari bibir tebing agar pengunjung bisa lebih puas menikmati pemandangan alam. Dari gardu pandang, pengunjung bisa melihat semua bukit dengan pepohonan hijau serta sungai Oya yang meliuk-liuk mengitari lereng bukit.

Untuk gardu yang menghadap timur, pengunjung perlu membayar Rp.3000 dengan durasi selama 3 menit. Setiap gardu pandang ini maksimal diisi untuk 3 orang saja agar tidak terlalu berdesak-desakan. Untuk spot di sebelah selatan pengunjung tidak kenakan biaya. Gardu ini ada yang berbentuk jembatan bambu yang luas dan bisa diisi lebih dari 5 orang.

Pengunjung biasanya memanfaatkan gardu pandang untuk selfie dan berpose dengan latar belakang jajaran perbukitan yang indah. Menjadi sebuah kepuasan tersendiri saat bisa berfoto di atas bukit hijau dengan hamparan pemandangan luas sebagai latar belakang foto.

4. Candi Borobuddur

tempat sunrise di jogja

Yang berikutnya ada tempat sunrise di jogja yaitu candi borobuddur , Pertama kali nama Borobudur tertulis dalam sebuah buku yang berjudul “Sejarah Pulau Jawa” yang ditulis oleh Sir Thomas Raffles. penggunaan nama Borobudur diambil dari kata bara dari bahasa Sanskerta yang mempunyai arti sebagai ‘komplek candi’atau biara dan kata ‘budur’ berasal dari kata ‘beduhur’ yang artinya ‘di atas’. sehingga makna dari kata Borobudur ini sendiri adalah Candi yang berada di atas bukit. Dan objek wisata Candi Borobudur ini dibangun sekitar tahun 750 masehi oleh kerajaan syailendra yang didirikan oleh Raja Mataram bersama dengan Samaratungga yang pada saat itu menganut kepercayaan Buddha.

Objek Candi Borobudur dibangun dengan sangat misterius sebab pada abad ke 7 manusia belum mengenal perhitungan arsitektur yang rumit dan tinggi, namun Candi Borobudur dibangun dengan perhitungan arsitektur yang sangat canggih. Borobudur sendiri adalah candi terbesar di dunia sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar yang ada di dunia. Objek wisata Candi borobudur jogja ini mempunyai sekitar 72 stupa yang berbentuk seperti lonceng, dan juga mempunyai sebuah stupa yang terbesar terletak pada puncak candi sedangkan yang lainnya mengelilingi stupa sampai dengan ke bawah komplek candi ini.

kalian dapat menikmati keindahan sunrise disini dengan indahnya pada jam 5 pagi sampai jam 7 pagi, jadi kalian harus datang dan bangun pagi ya untuk dapat kesini.

5. Pantai Sadranan

Yang berikutnya ada pantai sadranan, tempat yang begitu indah untuk menikmati sunrise, dan di pantai ini tersedia juga area yang cukup luas untuk digunakan sebagai tempat mendirikan tenda camping dan untuk merasakan api unggun. memang ramai para turis yang mendirikan tenda di area pantai sadranan ini, dikarenakan area yang cukup dan keindahan alam yang tiada duanya.

dan untuk peralatan camping, para wisatawan tidak perlu repot membawa sendiri dari rumah. Pihak pengelola sendiri menyewakan dome dengan kapasitas sekitar 4 orang seharga Rp 50.000 saja, cukup murah bukan?,

apabila kalian dapat menyaksikan sunset saja keindahannya sudah tiada tara, maka di pantai Sadranan jogja ini kalian mendapat keindahan yang lebih dari kata Luar biasa. jika dilihat satu titik ini,  kalian bisa menikmati Sunset dan Sunrise dari satu tempat yang sama tanpa perlu berpindah tempat,

dengan keciamikan pantai bakal berada di puncak ketika memasuki momen sunrise atau pun sunset matahari. dengan adanya Dua moment ini adalah waktu terbaik untuk mengabadikan moment seperti berfoto kenangan kunjungan ke pantai sadranan jogja ini, bagaimana/ siap untuk datang kesini?