Tempat Wisata Alam di Jogja – Kota Yogyakarta dijuluki sebagai kota pariwisata oleh para turis. Dikarenakan sudah banyak yang mengenal kota ini sebagai kota wisata sejak zaman dahulu kala. Dengan dikenal sebagai kota wisata budayanya, Kota Yogyakarta terus dan selalu mengembangkan wilayahnya sebagai kota pariwisata.

Dan tentunya sudah banyak sekali objek wisata di Yogyakarta dan sekitarnya yang sangat begitu sayang sekali untuk kalian dilewatkan begitu saja, jika berkunjung ke kota keraton ini. kalian juga bisa cek wisata jogja ya teman teman.

1. Bukit Panguk Kediwung

Yang pertama ada Bukit Panguk Kediwung, Pernahkah kalian mendengar tentang negeri di atas awan? jika mendengar kata tersebut, ada dua hal yang akan muncul di benak setiap orang. yang pertama yaitu judul lagu, yang kedua bisa jadi sebuah khayalan tingkat tinggi.

namun di Kota jogja, khayalan tersebut dapat menjadi nyata. Dan kalian dapat menjadi bagian yang menjadikannya nyata apabila kalian semua berkunjung ke wisata alam di daerah Bantul ini. kalian bisa datang ke Bukit Pangguk Kediwung yang terletak di Dusun Kediwung.

Di objek wisata satu ini terdapat kabut yang sangat luar biasa pekat. dan yang menjadi keunikan adalah, jika kalian berdiri di salah gardu pandang yang menjorok dengan tebing, kalian akan terlihat seperti sedang berdiri di atas awan. dan juga jika kalian melakukan kegiatan tersebut bersamaan dengan waktu tenggelamnya matahari atau senja, mulut kalian pasti akan melongo melihat keindahan pemandangan yang ada di depan mata kalian semua,

2. Hutan Mangrove Pasir Mendit Temon

tempat wisata alam di jogja

Kalau kamu termasuk orang yang takut ketinggian, jangan khawatir. Masih banyak tempat wisata di Jogja yang tak membuat kamu berdiri bergidik, seperti misal Hutan Mangrove Pasir Mendit Temon.

Mungkin agak aneh ya kalau harus berwisata ke hutan. Namun, tidak untuk objek ini. Disini kamu akan akan disuguhi pemandangan tumbuhan hijau yang menyegarkan mata. Sebenarnya tempat ini sudah dibangun sejak 1989. Namun, baru terkenalnya baru baru ini karena kekuatan media sosial.

Pohon pohon disusun berjejer rapi serta tak lupa dihiasi dengan jembatan bambu yang berfungsi sebagai alas untuk berjalan di hutan ini. Alami dan unik pokoknya tempat wisata di Joja terbaru ini.

Kalau kamu ingin mengunjunginya, jangan segan segan untuk datang ke Dusun Pasir Mendit Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo. Lebih tepatnya sih tempat ini berada di sisi Sungai Bogowonto.

Oiya, sembari menikmati hijaunya pohon, kamu juga bisa sekalian olahraga lo. Karena tempat ini juga dilengkapi dengan jogging track. Wuuh, enaknya bisa olahraga sambil cuci mata.

3. Hutan Pinus Mangunan

Untuk Kondisi alamnya sendiri Kebun buah Mangunan ini berada di ketinggian kurang lebih 200 mdpl, menjadikan kebun ini pun dijuluki sebagai negeri diatas para awan. Dan juga adanya pemandangan dari kabut yang terbentuk tepat berada di depan mata, indahnya memang sangat luar biasa. Dapat dikatakan tempat wisata ini satu tipe dengan Objek Wisata Kalibiru.

Dan bersamaan juga dengan pemandangan dari gunung yang tampak terlihat bersama dengan sang surya, secara perlahan mulai menampakkan sinarnya dengan warna emasnya yang sangat gagah. Mangunan ini dibangun pada tahun 2003 di atas tanah seluas sekitar 23 hektar. Dan karena tanah seluas ini membuat kebun buah mangunan ditanami oleh banyak sekali pohon seperti mangga, rambutan, jeruk, durian, manggis dan masih banyak lagi jenis buah yang ada disini.

Tidak hanya buah, kawasan mangunan ini juga memiliki pohon jati, dan juga pohon pinus yang tampak begitu cantik. Kala melihat kearah selatan, kalian semua akan melihat pemandangan dari Pantai Parangtritis yang tampak begitu ciamik. Namun, kalian harus mempunyai keberuntungan. Apabila, kabut tiba maka, pemandangan dari pantai parangtritis hanya akan menjadi sebuah impian belaka.

Tidak hanya Pantai Parangtritis ada juga pemandangan dari sungai Oya yang melintang dan berkelok, walau sedikit surut. Tetapi, mampu memberikan sebuah warna yang jelas berbeda. yang mana, sungai ini membuat pesona Kebun buah mangunan tampak sempurna. Dan juga udara yang begitu sejuk dan angin yang berhembus begitu lirih.

4. Tempat Wisata Alam di Jogja Air Terjun Kedung Pedut

yang berikutnya untuk tempat wisata alam di jogja, dengan berenang di kolam renang tentunya sudah sangat biasa, namun kalau berenang di kolam renang alam yang gede dan super seger gimana rasanya ya? wow pasti seru sekali. tentunya hal ini yang akan kalian rasakan kalau datang ke Air Terjun Kedung Pedut.

tempat wisata alam di jogja yang terletak di Kabupaten Kulon Progo ini memang tergolong baru. objek wisata ini baru dibuka sekitar tahun 2015. meskipun tergolong objek piknik baru, namun popularitasnya sebagai salah satu objek wisata sudah tinggi.

tentunya bukan hanya kolam renang raksasa, kalian dapat menikmati indahnya air terjun Kedung Pedut yang unik. Kenapa bisa dibilang unik? sebab terdapat dua warna air di wisata air terjun ini. dan jika dilihat dari atas air terjun, kalian akan melihat airnya berwarna putih jernih. akan tetapi, begitu sampai dibawah, airnya akan berwarna biru tosca.

5. Tempat Wisata Alam di Jogja Kalibiru

kalibiru jogja

Untuk kalian yang berencana untuk berlibur ke objek wisata alam Kalibiru, ada cara tertentu untuk dapat menikmati keindahan alam di Kalibiru ini. kalian datang ke Kalibiru pastinya berdasarkan dengan rekomendasi dari teman atau dari media sosial bukan?. dengan nuansa alam yang sangat menakjubkan di media sosial, menjadikan kalian semakin tertarik untuk berkunjung ke kaliburu jogja ini.

yang penting pilihlah waktu yang sangat tepat untuk berkunjung ke kalibiru. Kalian bisa mencoba berkunjung ke Kalibiru di saat musim hujan atau setelah musim penghujan. Sebab, pada saat itulah objek wisata alam Kalibiru dalam kondisi yang begitu hijau. Dan juga, waktu yang tepat adalah ketika menjelang senja atau pada saat sore hari.

Kalian akan Melihat sang mentari terbenam yang begitu indah di objek wisata alam Kalibiru ini. Atau kalian dapat juga menginap dan menikmati matahari terbit di wisata alam Kalibiru ini. tentunay tidak kalah dengan indahnya sunrise di Bromo, loh. Dan juga, ada beberapa cara lain yang dapat kalian coba untuk menikmati indahnya wisata alam Kalibiru ini, seperti:

1. Melihat Keindahan Alam dari Menara Pandang

Cara yang pertama adalah, di wisata alam Kalibiru jogja ini kalian akan menemukan banyak pohon pinus yang menjulang tinggi di tepi jurang. Disana telah terpasang papan kayu lengkap dengan tangga gantungnya. kalian dapat menikmati indahnya bentang alam dari Menara Pandang ini. Kalian akan mendapati indahnya pemandangan pegunungan Menoreh dan Waduk Sermo yang terlihat dari kejauhan.

2. Flying Fox dan High Rope

Untuk Cara yang kedua kalian bisa sambil memacu adrenalin, loh. yups, kalian bisa mencoba wahana seperti outbond  kemudian high rope dan tentunya flying fox.

3. Trekking

Untuk cara yang ketiga kalian bisa melakukan trekking, di sini terdapat beberapa jalur trekking yang dapat kalian telusuri. Dan juga tersedia beberapa pilihan jalur trekking dengan beberapa rute dan panjang jalur yang bisa disesuaikan. Untuk jarak dekatnya sekitar dua sampai tiga kilometer, dan untuk jarak jauhnya sekitar empat sampai lima kilometer.