The Lost World Castle Jogja – Jujur, siapa yang baru pertama kali mendengar tentang objek wisata satu ini?, menawarkan keindahan berupa bangunan yang menyerupai Benteng Takeshi yang ada di salah satu acara tv di jepang. Dan untuk sedikit informasi wahana-wahana di sini memanfaatkan batu sisa erupsi dari Merapi sebagai bahan bakunya. Dikala kabut turun, suasana yang ada semakin menjadi menarik untuk menjadi backgroud untuk berfoto.

The Lost World Castle jogja merupakan salah satu tempat wisata di kawasan lereng gunung Merapi. The Lost World Castle dengan begitu cepat menjadi sangat populer sebagai wisata terbaru dan terhits di kota Yogyakarta, ya meski berada di kawasan rawan bencana alam di lereng gunung Merapi.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa lokasi ini berada di area rawan dari bencana, tetapi tidak mengurangi rating dari popularitas the lost world castle ini sendiri. Bahkan dengan adanya pemanfaatan bebatuan sisa dari erupsi Merapi beberapa tahun belakang, lokasi ini menjadi memiliki keunikannya tersendiri. Untuk nama The Lost World Castle memang sangat terlihat menyeramkan.

Nama ini dipilih bukan nama yang sekedar asal bunyi saja, namun memang ditujukan untuk mengenang sebuah peristiwa kelam yang tentunya tidak bisa dilupakan oleh warga setempat dan seluruh penduduk negeri ini. Untuk nama Castle sendiri berasal dari bentuk dan arsitekturnya yang begitu unik yaitu berbentuk seperti kastil mirip dengan bentuk dari Benteng Takeshi.

Sedangkan untuk nama lost world, dikarenakan bangunan bentuk kastil ini dibangun di atas lokasi sebuah desa bernama Kuharjo yang sudah rata bersama tanah dan hilang tersapu letusan gunung merapi.

Lokasi The Lost World Castle

Untuk Lokasi dari The Lost World Castle ini sendiri berada di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. The Lost World Castle ini sendiri berjarak sekitar 29KM, dan tepat berada di lereng gunung merapi.

Rute Menuju The Lost World Castle

Agar dapat menuju ke lokasi The Lost World Castle ini, para wisatawan dapat menggunakan kendaraan umum seperti bis dan angkot. Namun akan lebih leluasa apabila membawa kendaraan pribadi seperti sepeda motor yang lebih simple dan cepat. Terkesan jauh, rute menuju The Lost World Castle ini terbilang sederhana saja. Yang dimana, dari arah mana saja di Yogyakarta, para wisatawan cukup menuju ke Jalan Kaliurang dan terus berjalan ke arah Utara ke arah Gunung Merapi.

Setelah sampai di kaliurang, dilanjutkan dengan mengikuti petunjuk jalan untuk menuju ke Kaliadem. Kemudian dapat melanjutkan perjalanan melalui Jalan Bebeng sampai ke kopi merapi. dan setelah melewati lokasi Kopi Merapi, perjalanan dilanjutkan ke arah Timur. tidak jauh dari itu, bangunan berbentuk seperti benteng besar ini akan terlihat.

Jam Buka The Lost World Castle

Untuk jam bukanya sendiri the lost world castle ini dapat dinikmati oleh para wisatawan setiap hari mulai pukul 06.00 WIB sampai 18.00 WIB.

Tiket The Lost World Castle

Untuk harga tiket masuk ke The Lost World Castle adalah sekitar Rp 25 ribu per orang. cukup terjangkau bukan?

Fasilitas The Lost World Castle

Dan untuk fasilitas pendukung dari kegiatan wisata di The Lost World Castle ini berupa adanya toilet, mushola, serta area parkir yang cukup memadai. dan tersedia juga penginapan dengan biaya yang terbilang murah sekitar Rp 50.000 semalam.

Daya Tarik The Lost World Castle

The Lost World Castle jogja

1. Bangunan Unik

Tentunya seperti dengan namanya, wisata the lost world castle jogja ini memiliki bentuk menyerupai kastil dengan arsitektur yang begitu unik. Sangat banyak wisatawan yang bilang jika The Lost World Castle sangat dengan Benteng Takeshi yang ada di acara reality show Jepang yang popular itu.

Jadi sangat tak mengherankan apabila tempat wisata ini cepat sekali terkenal dan tentunya viral di media sosial. Dengan bangunan atau arsitekturnya memang begitu unik. apabila dilihat dari luar, bentuknya memang seperti kastil, sesuai dengan nama yang di berikan.

dan juga orang orang menyebut bangunan ini mirip dengan The Great Wall atau tembok besar yang ada di Cina. Bangunan The Lost World Castle memang memiliki tembok berwarna abu-abu yang menjulang cukup tinggi dengan beberapa pos penjagaan setiap beberapa meter. terkesan mirip seperti benteng sebelum memasuki wilayah kerajaan atau wilayah istana.

Dulu, lokasi ini pernah hangus dimakan oleh erupsi Gunung Merapi beberapa tahun silam. terlihat ingin memberikan saksi bisu akan dahsyat bencana tersebut, lokasi ini disebut juga sebagai The Lost World atau dunia yang hilang, sedikit menyedihkan ya sahabat, jika mengingat bencana alam itu.

2. Spot Foto Instagramable

Dengan lokasi yang Terletak di Kepuharjo, Cangkringan, objek wisata The lost world castle jogja tidak hanya menyuguhkan keindahan alam di lereng gunung Merapi. para pengurusnya juga melakukan inovasi dengan cara membangun beberapa spot untuk foto selfie. disini terdapat salah satu spot foto yang selalu ramai akan antrean. Spot foto ini adalah spot foto dengan tema negeri di atas awan, dan juga Terdapat beberapa spot foto menarik yang bisa kalian coba juga seperti,

Spot foto seperti sayap, yang dimana para wisatawan dapat memposisikan diri dengan tepat sehingga berada diantara kedua sayap. dan terlihat seperti sayap itu adalah milik kalian yang berfoto di depan spot tersebut. Dan terdapat juga spot foto bernama Paradise Gate, karena terdapat tangga yang naik menjulang ke atas seakan-akan tak berujung. Di spot foto ini sangat benar-benar memanfaatkan bantuan dari alam karena jika kabut sedang turun, maka akan sangat terlihat sangat ciamik.

Agar menambah keseruan dari hasil jepretan, di tempat ini bahkan menyediakan area Wild Wild West yang isinya berupa tenda khas suku Indian amerika. kalian juga dapat menyewa properti khas suku Indian, harga sewanya sekitar Rp 10.000.

3. Lukisan 3D

Tentunya tidak hanya spot foto dengan replika tangga surga atau sayap, di lokasi ini juga terdapat spot foto 3D yang begitu unik. karena ada beberapa lukisan 3D yang tentunya siap menjadi objek berfoto untuk para wisatawan. Untuk hasil dari foto di spot 3D ini benar-benar membuat seakan-akan para turis benar benar merasakan apa yang ada di latar belakang foto mereka.

sedikit tips dan trik untuk kalian yang ingin berfoto di spot ini, adalah dengan cara memotret dari ketinggian atau presisi tertentu. Sebab kalau tidak seperti itu maka lukisan 3D nya tidak terlihat nyata. disini terdapat lukisan air terjun dan jembatan kayu. yang mana, para wisatawan terlihat seakan-akan menyeberangi sebuah  jembatan kayu dan harus seimbang agar tidak jatuh. Air terjun yang digambarkan terlihat seakan-akan sangat deras.

bagaimana? apakah kalian tertarik untuk berkungjung ke the lost world castle jogja ini?, jika iya kalian bisa langsung saja datang ya, tentunya bisa dengan keluarga dan orang yang kalian sayangi.