jika kalian semua berkunjung ke jogja, dan baru pertama kalia pergi ke kota gudeg ini, kalian jangan khawatir, jangan bingung untuk berfikir keras mau pergi kemana, disini sudah kami buatkan list tempat tempat wisata khususnya wisata di sleman jogja yang wajib untuk kalian datangi, yuk simak semua ulasannya

1. Candi Prambanan

wisata di sleman jogja

yang pertama ada candi prambanan, siapa sih yang gak tau candi yang satu ini?, candi prambanan adalah candi Hindu terbesar dan termegah yang pernah dibangun pada masa Jawa kuno, pada saat pembangunan candi Hindu kerajaan ini dimulai oleh Rakai Pikatan sebagai tandingan candi Buddha yaitu Borobudur dan juga candi Sewuyang yang terletak tidak jauh dari lokasi candi Prambanan.

banyak dari sejarawan lama mengira ngira bahwa pembangunan candi agung Hindu ini untuk menandai kembali dan sebagai bukti dari berkuasanya keluarga Sanjaya atas tanah Jawa, dan hal ini terkait teori wangsa kembar yang berbeda keyakinan dan saling bersaing, yaitu wangsa Sanjaya penganut Hindu dan wangsa Sailendra penganut ajaran Buddha.

yang jelas, dengan dibangunnya candi prambanan ini menandakan dan menjadi bukti bahwa Hinduisme aliran Saiwa kembali mendapat dukungan dari keluarga kerajaan, yang sebelumnya wangsa Sailendra cenderung lebih mendukung Buddha di aliran Mahayana. karena ini menandai bahwa kerajaan Medang beralih fokus ke dukungan keagamaanya, yang dari Buddha Mahayana kepada pemujaan terhadap dewa Siwa.

candi di jogja yang satu ini adalah termasuk Situs Warisan Dunia yang telah ditetapkan oleh UNESCO, dengan predikat sebagai candi Hindu terbesar di Indonesia, dan juga sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. dengan arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya.

dan juga, candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai kurang lebih sekitar 47 meter dan menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. dan juga sebagai salah satu candi termegah di Asia Tenggara, candi Prambanan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan dari seluruh penjuru dunia, terutama untuk seluruh umat hindu yang ingin berkunjung ke candi ini.

2. The Lost World Castle

wisata di sleman jogja

yang kedua di wisata di sleman jogja ada the lost world castle, tentunya cocok sekali dengan namanya, wisata anak di jogja yang satu ini memiliki bentuk menyerupai kastil dengan arsitektur yang begitu unik. sangat banyak turis yang bilang jika The Lost World Castle mirip dengan Benteng Takeshi yang ada di acara reality show negara Jepang.

untuk bentuk dari bangunan wisata Kaliurang jogja ini tergolong cerdas secara sisi komersial. tentunya sangat sukses untuk menarik perhatian para wisatawan bahkan sebelum tempat ini resmi dibuka untuk umum. objek wisata The Lost World Castle dibangun di atas lahan seluas 1,3 hektar yang berlokasi di desa Kepuharjo.

objek wisata The lost world castle tentunya tak hanya memberikan keindahan alam di lereng gunung Merapi saja. Pihak pengelola juga berinovasi dengan membangun fasilitas untuk berfoto selfie. terdapat salah satu spot foto yang selalu ramai oleh antrean. Spot foto ini adalah spot foto dengan tema negeri di atas awan.

dengan objek untuk foto lain di The Lost World Castle berupa foto seperti  landmark dunia. terdapat Stonehenge, pepohonan Sakura seperti di Jepang, hingga perkampungan Suku Indian amerika. tentunya tak hanya itu, replika The Lost World seperti di dalam movie pun ada.

3. Museum Ullen Sentalu

wisata di sleman jogja

wisata di sleman jogja yang berikutnya ada museum ullen sentalu, Museum Ullen Sentalu berlokasi di Jalan Boyong Km 25 Kaliurang Barat, Sleman,Yogyakarta. wisata jogja di Sleman ini dibangun diatas area seluas 1,2 hektar dengan suhu udara sekitar berkisar antara 15-20 derajat celcius. bentuk museum ini sangat unik, jalan masuk ke dalam museum sendiri terdiri dari undakan, kelokan dan labirin yang menuju ke salah satu ruang pameran yang berada di bawah tanah.

bangunan Museum Ullen Sentalu berisi koleksi mengenai sejarah dan budaya dari Kerajaan Mataram yang merupakan cikal bakal dari adanya Kerajaan Yogyakarta dan Solo. jika kalian berkunjung ke Ullen Sentalu sangat akan menambah wawasan kalian mengenai sejarah kebudayaan Jawa. tour guide di museum ini akan memberikan penjelasan dengan detil mengenai semua benda seni di dalam museum ini.

para Pengunjung tidak diperkenankan mengambil foto dari semua benda yang dipamerkan dalam museum ini selama tur berlangsung. terasa sangat disayangkan memang, tetapi satu nilai lebih dari aturan ini adalah kalian akan benar-benar fokus mendengarkan penjelasan dari tour guide, menikmati dan menghargai benda-benda seni yang berada di museum ini. Museum Ullen Sentalu sangat layak untuk dikunjungi sebagai tempat wisata pendidikan dan budaya di tanah jawa.

4. Blue Lagoon

blue lagoon

wisata di sleman jogja yang berikutnya ada blue lagoon ini merupakan salah satu sungai alami yang disekitarnya terdapat pepohonan bambu yang asri dan menampakkan warna permukaan air yang begitu kebiruan. tempat wisata ini mulai terkenal sejak sekitar tahun 2014 meskipun sebelumnya telah dikunjungi oleh para warga setempat atau para pendatang yang ingin melihat keindahan tempat ini.

yang dimana, blue lagoon ini sendiri memiliki nama Tirta Budi. pengambilan nama “Budi” adalah nama dari seseorang yang tenggelam akibat penyakit ayan yang selama ini dideritanya, sehingga tewas di sungai ini. akan tetapi kemudian tempat ini kembali dipopulerkan setelah kedatangan para mahasiswa KKN dari Universitas Gadjah Mada.

para mahasiswa ini mengajak rekannya dan menghimbau untuk membuat post dari gambar sungai ini di media sosial mereka masing masing. lalu kemudian tempat ini ramai sekali dikunjungi. Meskipun ada berbagai peristiwa di masa lalu, tak membuat para turis bosan untuk menikmatinya. disebabkan peristiwa tersebut tidak berhubungan dengan kondisi sungai dan alam sekitarnya.

dan juga nama blue lagoon hanyalah sebutan populer untuk memudahkan pengelola untuk menarik perhatian para turis. disebabkan memang berciri yang sama, yaitu sama-sama memiliki air yang berwarna kebiruan dan bisa dijadikan tempat untuk mandi.

blue lagoon Jogja ini pernah dipopulerkan oleh beberapa artis negeri ini dan dikunjungi oleh beberapa tokoh terkenal di Indonesia. yang saat tanggal 22 Maret 2015, Pemandian Tirta Budi diresmikan oleh Bupati Sleman untuk menjadi salah satu obyek wisata pemandian air dan di hari yang sama dengan peringatan air sedunia.

5. Jogja Bay Waterpark

wisata di sleman jogja yang terakhir ada jogja bay waterpark, dengan banyak sekali wahana seperti, Wahana yang pertama ini ada Memo Racer, wahana yang satu ini akan cukup untuk memacu adrenaline kalian semua, di wahana ini kalian semua akan merasakan sensasi meluncur menggunakan papan seluncur sejauh sekitar 90 meter dengan ketinggian kurang lebih 20 meter.

untuk wahana yang berikutnya yaitu Bekti Adventure, wahana yang satu ini juga tak kalah memicu adrenaline ya sahabat, dengan adanya wahana ini kalian semua akan dibawa mengelilingi Jogja Bay melewati slider yang berkelok kelok, sedangkan untuk nama wahana Bekti sendiri diambil dari nama pemimpin pasukan keraton jawa pada zaman dahulu.

permainan slider yang selanjutnya yaitu wahana Ziggy Giant Barrel, Ziggy Giant Barrel merupakan sebuah wahana yang terdiri dari beberapa slider pendek yang diatasnya sendiri terdapat Barrel besar berisikan air yang dalam beberapa menit sekali akan menumpahkan isi air didalamnya. kemudian ada juga wahana Jolie Raft River, di wahana ini terdapat sebuah ombak lembut yang akan membawa kalian semua mengalir bersamaan dengan jalannya arus air.

dan juga dari berbagai macam wahana slider yang tentunya akan sangat memacu adrenaline, kolam renang Jogja Bay juga memberikan berbagai macam wahana lain yang cocok digunakan untuk kalian bersantai tia maupun merelaksasi hati. yang pertama ada wahana Mimi Family, sesuai dengan namanya wahana yang satu ini sangat cocok digunakan untuk bersantai bersama keluarga kalian ya sebab memberikan kolam renang dengan suasana yang cukup tenang.

Wahana yang selanjutnya ada Hip Playground, Hip Playground sendiri merupakan sebuah area yang sangat cocok untuk anak – anak, ditempat ini para anak bisa menikmati berbagai macam wahana yang tentunya sangat bersahabat bagi anak anak, selain itu untuk orang tua yang sedang menunggu putra putinya bermain ditempat ini terdapat pula beberapa gazebo yang dapat digunakan untuk bersantai sembari menunggu putra putri kesayangannya dan mengawasi buah hati tersayang.