Wisata Kaliurang Jogja – wilayah Kaliurang adalah sebuah daerah wisata yang ada di Jogja yang terletak di selatan lereng gunung Merapi. wilayah ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 850 meter di atas permukaan laut. dengan aura di objek wisata Kaliurang mempunyai kondisi udara yang sangat sejuk dengan latar belakang gunung Merapi yang indah.

dengan kondisi yang cukup tenang dan indah tentunya dengan ciri khas daerah perbukitan. untuk temperatur di tempat ini berkisar antara 20 sampai 25 derajat celcius, jika musim penghujan tiba maka udara di tempat ini akan semakin dingin.

wilayah Kaliurang juga telah di bangun berbagai objek wisata seperti taman bermain untuk anak-anak, bumi perkemahan, gardu pandang, kolam renang, objek wisata air terjun, gua Jepang dan tentunya masih banyak lagi.

untuk kalian yang ingin melakukan kegiatan seperti Outbound, di Kaliurang merupakan salah satu tempat yang sangat tepat karena udara yang sejuk dan lingkungan yang masih sangat alami, tentunya sangat bermanfaat untuk mengembalikan kesegaran tubuh dan pikiran kalian.

lokasi Kaliurang berada sekitar 25 km dari pusat kota Yogyakarta. dan untuk rute perjalanan ke sana bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. dengan kondisi jalannya sangat bagus, walau sempat rusak akibat erupsi merapi beberapa tahun silam.

1. The Lost World Castle

wisata kaliurang jogja

tentunya cocok sekali dengan namanya, objek wisata Kaliurang jogja yang satu ini memiliki bentuk menyerupai kastil dengan arsitektur yang begitu unik. sangat banyak turis yang bilang jika The Lost World Castle mirip dengan Benteng Takeshi yang ada di acara reality show negara Jepang.

untuk bentuk dari bangunan wisata Kaliurang jogja ini tergolong cerdas secara sisi komersial. tentunya sangat sukses untuk menarik perhatian para wisatawan bahkan sebelum tempat ini resmi dibuka untuk umum. objek wisata The Lost World Castle dibangun di atas lahan seluas 1,3 hektar yang berlokasi di desa Kepuharjo.

objek wisata The lost world castle tentunya tak hanya memberikan keindahan alam di lereng gunung Merapi saja. Pihak pengelola juga berinovasi dengan membangun fasilitas untuk berfoto selfie. terdapat salah satu spot foto yang selalu ramai oleh antrean. Spot foto ini adalah spot foto dengan tema negeri di atas awan.

dengan objek untuk foto lain di The Lost World Castle berupa foto seperti  landmark dunia. terdapat Stonehenge, pepohonan Sakura seperti di Jepang, hingga perkampungan Suku Indian amerika. tentunya tak hanya itu, replika The Lost World seperti di dalam movie pun ada.

2. Air Terjun Tlogo Muncar

Air Terjun Tlogo Muncar

yang kedua ada Air Terjun Tlogo Muncar, yang merupakan salah satu wisata Kaliurang jogja  yang begitu populer. destinasi wisata ini berada di lereng Gunung Merapi, hal itu membuat suasana di sekitar Air Terjun menjadi sangat sejuk. objek wisata ini memiliki ketinggian sekitar 30 sampai 40 meter dan berada di ketinggian 878 mdpl.

dan juga tentunya Air Terjun Tlogo Muncar memiliki air yang segar dan jernih. untuk air yang ada di tempat ini berasa dari lereng Bukit Plawangan yang letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi ini. namun tetapi pada saat musim kemarau tiba aliran air tidak cukup deras jika dibandingkan pada saat musim hujan.

di objek wisata ini terdapat taman rekreasi anak, oleh sebab itu kalian dapat mengajak anak-anak untuk berkunjung ke wisata kaliurang jogja ini. dan juga para pengunjung dapat mengabadikan momen dengan berfoto di sekitar air terjun.

objek wisata Air Terjun Tlogo Muncar ini diyakini oleh para penduduk setempat sebagai tempat yang dulunya pernah digunakan oleh seorang putri dari kerajaan Majapahit yang bernama Dewi Condrokirono. dan juga ada yang mempercayai bahwa jika mandi di air terjun ini dapat membuat wajah menjadi awet muda.

3. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu

yang ketiga ada Museum Ullen Sentalu yaitu salah satu museum terbaik di Indonesia. yang berlokasi di lereng Gunung Merapi dan masih sejuk dan damai dengan keberadaan museum ini menambah jumlah wisata Kaliurang jogja semakin beragam.

tentunya di Museum Ullen Sentalu ini para turis akan disapa oleh sejuknya hawa khas pegunungan. dan juga suasana hening nan damai yang menyatu dengan rimbun nya banyak pepohonan. itu semua akan semakin menambah suasana menjadi lebih rileks.

wisata kaliurang jogja ini, memiliki bentuk bangunan atau arsitektur yang begitu unik. adalah bangunan yang menyatu dengan alam atau rimbun pepohonan di sekitar lokasi museum. dengan cuaca di dalam museum sejuk, sebab gaya arsitektur Museum Ullen Sentalu yang begitu unik dan menyatu dengan alam.

4. Rumah Hobbit Kaliurang

untuk yang berikutnya ada rumah hobbit, Lokasi dari Rumah Hobbit Kaliurang hanya bergeser sedikit di utara wisata The Lost World Castle. wisata kaliurang jogja ini mampu menyuguhkan wisata layaknya magis bagi para turis, terutama penggemar serial seperti The Lord of The Rings.

dikarenakan lokasi di kaki Gunung Merapi, menjadikan udara yang ada di wisata kaliurang jogja ini juga sangat sejuk dan asri. so, tempat ini selain cocok untuk melakukan hunting foto, juga begitu ideal untuk mendinginkan pikiran kalian dari stress karena rutinitas harian.

dengan banyaknya bangunan menyerupai seperti rumah Hobbit tersebut berukuran cukup besar dengan tinggi sekitar 2 meter dan lebar sekitar 4 meter. dengan desain terlihat sangat rapi dan membentuk sebuah taman dengan rumput hijau yang menyerupai karpet buatan.

para turis juga dapat bertamasya dengan menggelar alas untuk duduk dan bersantai sembari memakan bekal yang telah dibawa dari rumah. dan juga wisata Rumah Hobbit ini juga sering dijadikan lokasi untuk berfoto. dan juga dapat menjadi alternatif lokasi untuk melaksanakan foto prewedding.

dengan fasilitas yang terdapat di daerah rumah Hobbit Cangkringan Kaliurang ini cukup lengkap. akan tetapi fasilitas umum seperti tempat parkir, toilet, mushola, warung makan, ruang informasi sudah sekaligus menyatu dengan wisata The lost World Castle.

5. Stonehenge Jogja

wisata kaliurang jogja

yang kelima ada stonehenge, dengan lokasi yang tepatnya berada di lereng gunung merapi dengan lahan seperti rerumputan hijau seluas kurang lebih 200 meter persegi. ya meski hasil kreativitas manusia modern, akan tetapi tempat ini dirancang semirip mungkin dengan stonehenge yang asli di Inggris.

tentunya tidak asal sekedar membuat destinasi dengan nuansa kekinian, tetapi ada cerita menarik di balik ide para pengelola untuk membuat replika Stonehenge ini. dengan miripnya tempat ini dengan tempat bersejarah di Inggris tersebut ternyata berdiri dengan memanfaatkan batuan sisa dari erupsi Merapi.

tentunya tidak heran apabila tampilannya terlihat begitu natural. dengan bentuk dari bangunan wisata Kaliurang jogja ini sangat mirip dengan dengan Stonehenge yang ada di Inggris. teruntuk para Pengunjung yang belum sempat berkunjung ke Negeri Ratu Elizabeth itu, dapat mencoba datang dulu ke Cangkringan untuk melihat replika yang cukup mirip dengan yang asli.