Wisata Keraton Jogja – Kota Yogyakarta adalah sebuah daerah kerajaan yang ada di pulau Jawa jauh sebelum NKRI berdiri, menjadikan wilayah ini menyimpan banyak sekali nilai historis yang sangat tinggi dan erat kaitannya dengan berdirinya negara kesatuan Indonesia. tentunya dengan adanya nilai historis dan budayanya yang sangat historikal ini membuat para pelancong berbondong-bondong datang ke Jogja untuk dapat melihat eksotisme budaya dan alamnya.

Selayang Pandang Kraton Jogja

Kraton Jogja sendiri merupakan sebuah komplek kerajaan yang berada tepat berdiri di tengah kota Yogyakarta. Kraton yang didirikan berbarengan dengan perjanjian giyanti pada tahun 1755 yang memecah Kerajaan Mataram Islam dan menjadi Kerajaan Ngayogyakarta Surakarta ini benar benar menyuguhkan keindahan arsitektur budaya jawa yang tidak bisa diragukan lagi, dan tentunya merupakan salah satu komplek istana terbaik di tanah jawa.

Keindahan Keraton Jogja ini tidak terlepas dari pendirinya, yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono I yang merupakan arsitek dari kerajaannya ini. Apabila anda sedang wisata ke Kraton Jogja maka apabila anda dari Jalan Malioboro pertama anda akan disambut oleh Gapura Pangurakan yang berasitrektur jawa kental yang bersebelahan dengan bangunan-bangunan Hindia Belanda.

Wisata Keraton Jogja sendiri dapat dilalui melalui 2 buah pintu utama yaitu melalui pintu depan yang ada di sebelah selatan Alun-alun Utara, yang mana ketika kalian semua memasuki pintu ini pertama kalian akan memasuki sebuah Bangsal Pagelaran yang merupakan sebuah bangunan Kraton Jogja yang terlihat dari Jalan Malioboro, dan yang kedua adalah melalui Tepas Pariwisata / Regol Keben.

akan tetapi disini kami menyarankan untuk memasukinya melewati jalan Bangsal Pagelaran yang terdapat di depan untuk dapat menengok koleksi Kraton Yogyakarta lebih lengkap lagi. dan dari pintu Bangsal Pagelaran ini kalian akan disambut oleh koleksi pakaian kerajaan dari pakaian Raja, pakaian Pangeran, Kerabat, Prajurit, sampai dengan pakaian Abdi dalem. Terdapat cukup banyak koleksi kerajaan yang sangat unik untuk kalian lihat dan abadikan.

selain koleksi pakaian, berjalanlah  ke arah selatan kalian akan melihat patung abdi dalem yang sedang berjaga dan ukiran gambar di tembok yang menggambarkan sejarah dari pendirian Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini dalam bentuk visual yang sangat baik.

Dan setelah keluar dari kompleks bagian depan, wisata Keraton Jogja dilanjutkan dengan memasuki Regol Keben yang mana merupakan sebuah pintu kedua wisata Keraton Jogja kedua dimana disini terdapat Tepas pariwisata yang merupakan badan dari Kraton Jogja yang bertugas untuk mengurusi masalah pariwisata yang ada di sini.

untuk regol keben ini saat kalian wisata Keraton Jogja maka ditengah lapangan kalian dapat melihat Bangsal Ponconiti yang pada jaman dahulu digunakan sebagai tempat peradilan untuk menghukum orang yang melakukan tindak kejahatan dan juga para kriminal, yang sidang pengadilan tersebut dipimpin langsung oleh sri Sultan. tidak hanya itu, Bangsal Ponconiti digunakan juga sebagai acara adat seperti seberi Garebeg Sekaten.

Selanjutnya wisata ke Kraton Jogja dilanjutkan dengan memasuki kompleks inti Kraton Jogja melalui Regol Srimanganti yang mempunyai arsitektur yang begitu elok dipandang mata. kemudian itu biasanya saat jam dibuka untuk para pengunjung, pada Bangsal Ponconiti yang terlihat saat kalian semua memasuki Regol Srimanganti kalian dapat melihat berbagai kesenian khas Kraton Yogyakarta yang ditampilkan, seperti Tari Wayang Wong maupun juga Wayang Kulit.

jika sudah masuk ke bagian regol, lalu setelah itu kalian akan dihadapkan kompleks inti kraton Yogyakarta yang cukup luas yang mana terdapat Bangsal Kencana yang menjadi pusat perhatian, yang mana merupakan Bangsal paling sakral yang terdapat di Kraton Jogja yang juga berdampingan dengan ndalem Ageng Proboyakso di sebelah baratnya yang merupakan sebuah tempat pusat pemerintan dari Kerajaan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

tidak hanya itu saja disini terdapat juga bangsal baru yaitu Gedhong Kaca yang merupakan bangunan yang khusus didedikasikan untuk mengenang Sri Sultan Hamengkubuwono IX, yang mana terdapat beberapa koleksi peninggalan dari Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

jika sudah memasuki kompleks wisata di sebelah timur Bangsal Kencana yang cukup luas, maka wisata Kraton Jogja diakhiri dengan keluar melewati Regol Kemagangan. dan dari Regol Kemagangan kalian semua akan dihadapkan dengan adanya landskap seperti regol Keben, akan tetapi lebih sunyi. Dan dilokasi ini biasanya digunakan untuk area membuat gunungan pada saat prosesi acara garebeg dan juga terdapat sebuah restoran yang khusus menyajikan menu-menu makanan Kerajaan khas Kraton Jogja yaitu Bale Raos.

jika kalian semua berwisata di Kraton Jogja ini kalian dapat menemukan para abdi dalem yang sedang berjaga dengan pakaian adat khas Kraton Jogja, yang menjadikan kompleks Kraton ini sangat  menarik. dengan adanya para abdi dalem ini biasanya welcome jika kalian ingin memotret. dan juga yang cukup unik adalah tanah di Kraton Jogja tidak seperti tanah yang ada di kota Jogja pada umumnya, sebab tanah di Kraton Jogja merupakan pasir yang diambil langsung dari Pantai Selatan. tidak hanya itu saja komplek Kraton Jogja ini sangat sejuk dan rindang sebab adanya pohon-pohon besar seperti beringin, gayam, dan sawo kecik.

Lokasi Wisata Kraton Jogja

untuk tempat dari Kraton Jogja merupakan salah satu tempat wisata di Jogja yang paling mudah untuk dijangkau oleh para turis sebab letaknya berada di tengah Kota Yogyakarta sendiri. lokasi Kraton Jogja ini bertempat di selatan dari Jalan paling terkenal di wilayah Yogyakarta yaitu Jalan Malioboro, menjadikan untuk sampai kompleks Kraton Yogyakarta ini dapat dilalui dengan menggunakan Becak dan Andong yang merupakan kendaraan tradisional khas kota Yogyakarta.

Rute Menuju Wisata Kraton Jogja

Rute menuju Kraton Jogja sangat mudah untuk diakses, karena lokasinya yang sangat strategis dan termasuk ring 1 untuk kawasan wisata di Yogyakarta yang diantaranya ada Taman Sari, Titik 0 Jogja, dan Malioboro.

Rute menuju Kraton Jogja ini jika hotel anda menginap berada di sekitar kawasan Malioboro, maka anda tinggal menumpang Becak maupun Andong sebagai sarana transportasi utama untuk menuju kompleks wisata Kraton Jogja. Jika dilalui dengan jalan kaki, maka anda akan cukup lelah karena kawasan wisata ini cukup luas.

Harga Tiket dan Parkir Wisata Kraton Jogja

untuk harga dari tiket wisata Keraton Jogja sangatlah murah untuk tempat wisata yang wajib dikunjungi di wilayah kota Yogyakarta. sebab harga tiket masuk ke Kraton Jogja untuk para pengunjung domestik cukup dikenakan tarif sebesar Rp 5.000,-. dan untuk para pelancong dari mancanegara dikenakan tarif sebesar Rp 15.000,-. dengan tarif tiket wisata cukup murah jika dibandingkan kalian semua memasuki kawasan Candi Borobudur maupun Prambanan yang harga tiketnya mencapai 10 kali lipat.

dan juga ada tambahan biaya lainnya, seperti apabila kalian membawa kamera maka kalian akan dikenakan tarif tambahan yaitu sekitar Rp 3.000,-. Sedangkan untuk tarif parkir untuk kendaraan mobil Rp 5.000,- dan Rp 2,000,- untuk kendaraan seperti motor yang dapat kalian parkirkan di Tepas Keprajuritan yang terletak di sebelah barat lokasi Bangsal Pagelaran.