Wisata Kuliner Jogja – yang mana sebagai salah satu kota yang memiliki sejarah yang cukup panjang, dengan adanya Aroma Tradisional seakan menyelimuti seluruh aspek kota jogja ini. dan juga tentunya dengan dunia kuliner di kota jogja. tentunya tersedia banyak macam menu dan destinasi kuliner yang populer adalah tempat dengan menu-menu tradisional.

Wisata Kuliner Jogja yang terkenal akan rasa manis gurih di lidah. akan tetapi ternyata saat ini sudah berkembang berbagai macam jenis neu kuliner lain, contohnya saja makanan pedas, seperti contohnya seng mercon. terdapat juga yang mempertahankan rasa asli bahan, seperti masakan gaya Eropa, yaitu sate klathak.

dan juga dilihat dari sisi fasilitas rumah makan, untuk lokasi dari setiap tempat kuliner jogja juga sangat beragam. tersedia juga yang lesehan kaki lima, sampai dengan adanya yang bernuansa pegunungan dengan perpaduan alam dan wahana permainan.

1. Pecel Pasar Beringharjo

Siapa yang tidak tahu Pasar Beringharjo?, yang merupakan pasar terbesar dan legendaris di kota Yogyakarta. dari semua jenis barang dapar kalian beli di sini, termasuk menu wisata kuliner jogja sarapan tradisional yang enak. di Pasar terkenal dengan aneka kulinernya yang legendaris yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu.

sebab itu Pasar Beringharjo juga menjadi salah satu destinasi wisata kuliner jogja. dan juga jika di pagi hari, para pengunjung berburu aneka sarapan dari pecel, sego empal, hingga sate kere yang gurih.

Dan tentunya di pasar ini ada deretan penjual makanan tradisional. dan juga ada salah satu yang paling menarik perhatian ada ‘Pecel Senggol Beringharjo’, Diberi nama pecel senggol, sebab para wisatawan yang ramai dan lokasi yang padat membuat harus rela bersenggolan ketika menikmati pecel ini. Menunya terdapat aneka sayur segar, seperti daun pepaya, kenikir, jembak, bayam, bunga turi, kecambah, hingga kol.

2. Moelih Ndeso

wisata kuliner jogja

yang berikutnya ada moelih ndeso, yaps seperti namanya, Moelih Ndeso mengajak para pembeli untuk sejenak pulang (moelih) ke desa dan menikmati asri suasana alam. dengan adanya kebersamaan keluarga, kerabat, maupun sahabat terdekat. tentunya dengan menikmati hidangan khas kampung halaman yang disajikan secara istimewa. disediakannya atmosfer alami berupa sawah, kolam, pepohonan, dan semilir angin menyempurnakan momen kebersamaan itu.

tentunya yang menjadi istimewa, wisata kuliner jogja Moelih Ndeso tidak hanya sekedar menawarkan wisata kuliner semata. pihak pengelola juga menghadirkan fasilitas playground dan outbound untuk menunjang berbagai acara dan saat berkumpul bersama dengan teman atau juga keluarga. kalian dapat menikmati serunya beraktivitas fisik sembari melakukan permainan menyenangkan.

dengan konsep dari wisata kuliner jogja Moelih Ndeso yang unik menjadikan tiap sudut rumah makan ini sangat fotogenik, menjadikan sangat cocok dijadikan sebagai spot selfie yang membuat kalian semua dapat semakin eksis di media sosial.

3. Soto Sampah

untuk yang berikutnya ini ada soto sampah salah satu wisata kuliner jogja yang begitu terkenal namanya di kalangan para pecinta kuliner. Untuk tempat dari warungnya memang tampak sederhana, yang dimana hanya ada berupa tenda kaki lima di pinggir jalan. akan tetapi, racikan sotonya sangat dan benar-benar enak menggoyang lidah kalian semua. dengan harga yang juga murah meriah banget lho, sekitar 8 ribu rupiah per porsinya.

Dari seporsi soto di sini berisi nasi putih, bihun, kobis, kecambah, seledri, bawang goreng, yang kemudian disiramkan dengan kuah segar nan gurih kaya akan bumbu rempah. dan teruntuk lauk, disediakan juga sate ati, sate usus, telur dadar, gorengan, dan lainnya. dan juga soto ini begitu lezat, sangat dijamin yang mana rasanya dan tentunya wajib untuk kalian  masukan ke dalam list soto paling enak di kota jogja.

untuk kalian yang suka makan banyak, sepertinya harus memesan ekstra double karena porsi sotonya yang tidak terlalu banyak. untuk lokasi dari warung Soto Sampah berlokasi di Jl. Kranggan No.2, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. dengan jam buka sekitar pukul 20.00 sampai sotonya habis dong.

4. Mie Lethek Mbah Mendes

wisata kuliner jogja

jika dilihat dair bahasa Jawa, lethek berarti kotor atau kusam. tentunya nama ini digunakan karena mie khas kota Yogyakarta, khususnya daerah di Bantul ini memang tampilannya yang cukup kusam dan terkesan kurang menarik. akan tetapi jangan ditanya soal rasa, kuliner jogja mie yang terbuat dari tepung tapioka tersebut tidak kalah dengan mi lainnya. walaupun baru buka di tahun 2014 lalu, Mie Lethek Mbah Mendes sangatlah populer. wisata kuliner jogja ini banyak dikunjungi oleh pecinta kuliner karena cita rasa mienya yang unik.

menu dari wisata kuliner jogja mi lethek godog hampir menyerupai bakmi jawa godog. kuliner Mi lethek dimasak bersama sejumlah sayuran seperti loncang, sledri, wortel, serta tambahan telur, dan daging ayam kampung. dan untuk dari kuah digunakan kaldu ayam kampung. dan tentunya yang menjadi hal menarik adalah, semua bahan yang digunakan rendah gula dan tidak memakai bahan pengawet serta bumbu penyedap jadi sangat sehat.

kalian juga bisa simak tempat oleh oleh di jogja, hanya di hallojogja

5. House Of Raminten

wisata kuliner jogja

Yang satu ini tidak perlu di tanyakan lagi ya, dengan ketenaran dari House of Raminten berasal dari berbagai keunikan yang ditawarkan disini, yang mana antara lain interior, menu makanan dan minuman, serta juga suasana restoran yang akan membawa kalian semua menghayati budaya Jawa yang sangat kental.

terdapat meja untuk satu atau dua orang, ada yang untuk 3 atau sampai 4 orang, 5 atau 6 orang bahkan ada yang untuk 8 orang. dan juga tidak hanya meja dengan kursi, tempat wisata kuliner jogja ini juga menyediakan berbagai macam meja lesehan bagi kalian yang menginginkan suasana makan ala Jawa yang lebih terasa.

untuk menu dari kuliner makanan dan minuman yang ditawarkan di wisata kuliner jogja ini mengambil menu dari warung kaki lima layaknya angkringan. akan tetapi dikemas dengan apik dan diberi sedikit sentuhan sehingga terlihat lebih elegan. yang mana salah satu menu favorit para wisatawan adalah Nasi Kucing atau Bahasa Jawanya adalah Sego Kucing.

6. Nasi Rames Demangan

yang satu ini ada nasi remes demangan, yups warung makan ini sudah beroperasi sejak tahun 1993. tentunya tidak hanya dikenal dengan Nasi Rames Demangan, menu nasi campur di warung tenda ini juga memiliki nama lain seperti contohnya nasi campur sambal teri, nasi campur gejayan dan lain-lain. Wisata kuliner jogja satu ini sudah sangat melegenda terutama di kalangan pemuda dan orang orang sekitar.

tentunya tidak hanya lauk sambal teri dan kering tempe, beragam menu sayur lodeh merupakan keunikan dari wisata kuliner jogja legendaris ini. para pengunjung dapat memilih isi sayur lodeh yang ditawarkan mulai dari labu siam, nangka muda, kacang panjang. yang mana sayuran tersebut dibuat dengan kuah santan dan diberi bumbu pedas sehingga cocok untuk menggoyang lidah kalian semua

Bagi para pelancong yang tidak terlalu suka dengan wisata kuliner jogja pedas, diharapkan untuk kalian dapat berhati-hati. yang mana menyisihkan sambal teri terlebih dahulu sebelum dimakan. dan agar lebih amannya dapat memesan pada penjaga warung untuk tidak menyertakan sambal teri dalam sajian Nasi Rames Demangan yang kalain pesan.